Monday, November 12, 2012

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

A.  DEFINISI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.  Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.  Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya.  CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability. 
B.  MANFAAT CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BAGI MASYARAKAT

CSR akan lebih berdampak positif bagi masyarakat : ini akan sangat tergantung dari orientasi dan kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah.  Studi Bank Dunia (Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan organisasi.  Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR membutuhkan dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial.  Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi di tengah situasi hukum dan politik saat ini.  Di tengah persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty).  Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan masukan pihak yang kompeten.  Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung, dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya besar ini.  Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.

C.  KEUNTUNGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BAGI PERUSAHAAN

1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan
3. Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
4. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
5. Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
6. Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.
7. Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.

D.  PERUSAHAAN YANG TELAH MENERAPKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

"Program ICT Telkomsel Bantu 122 Guru di Kaltim"

Sukses menggelar program ICT Guru di 18 Kota se-Indonesia yang diikuti 2.800 guru bidang matematika pada tahun 2010 Telkomsel sebagai perusahaan “Good Coorporate Citizenship”,yang peduli pada dunia pendidikan tahun ini tahun ini Telkomsel kembali menjalankan program tersebut Sasarannya kali ini mencakup 22 kota di Tanah dengan peserta tidak hanya pendidik bidang matematika, namun juga pengajar ilmu fisika dan kimia.
Salah satu parameter sukses penerapan kegiatan corporate social responsibility (CSR) adalah pelaksanaan yang berkelanjutan. Hal itu pula yang menjadi prinsip dasar Telkomsel dalam mengimplementasikan program kegiatan CSR. Salah satunya adalah program CSR bidang pendidikan, ICT Guru sebagai salah satu aktivitas utama tanggung jawab sosial Telkomsel.
Telkomsel, tidak menempatkan CSR hanya sekedar komitmen, namun harus berkelanjutan dan terus memiliki nilai kreasi dan manfaat bagi negeri. Termasuk pada program CSR bidang pendidikan ICT Guru 2011. Tahun ini sasarannya selain guru matematika, juga melibatkan pengajar bidang fisika dan kimia. Dengan memperkenalkan pemanfaatan perangkat information and communications technology (ICT), kualitas dan kompetensi pengajar bidang tersebut dapat lebih ditingkatkan.”
Dari 22 kota se-Indonesia , di Kalimantan kegiatan ini akan dilaksanakan di kota Samarinda dan Palangkaraya.Di kota Samarinda, kegiatan ICT (Information Communications Technology) Educations Center diikuti oleh 122 lebih guru Fisika SMU sederajat dari kota Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan yang dilaksanakan di Hotel Mesra Samarinda. Program ICT Education Center ini berupa pelatihan selama dua hari tentang pendekatan praktis terbaru pembelajaran Fisika yang diharapkan mampu membantu proses belajar mengajar di sekolah.
Selaras dengan komitmen Telkomsel untuk turut mengembangkan kualitas SDM di Indonesia melalui sektor pendidikan sesuai dengan core bisnis yang dimiliknya, maka program ICT Education Center juga menggunakan pendekatan kombinasi antara metode pembelajaran yang aktif dengan penerapan teknologi sebagai penunjang metode pembelajarannya. “Pelatihan dalam program ICT Educations Center khususnya dalam bidang studi Fisika ini dilaksanakan sebagai bentuk sharing knowledge atau berbagi pengetahuan bersama tentang cara baru dalam pembelajaran Fisika ,” ujar Thomas Anda Siaga selaku Manager Branch Samarinda, dalam press release yang diterima Gerbangkaltim, Rabu sore (27/7/2011).
Menurutnya, “Pemilihan guru Fisika sebagai target dalam pelatihan ini, dikarenakan mata pelajaran ini pada umumnya sangat ditakuti oleh siswa. Ketakutan para siswa ini akan diperparah jika guru Fisika dalam memberikan pengajaran tidak memberikan kemudahan pemahaman di bidang Fiska itu sendiri.
Metode yang dibagi dalam pelatihan ini selaras sekaligus menunjang program Kementerian Pendidikan nasional bahkan ke arah sinergi. Saat ini Kementerian Pendidikan Nasional telah mengembangkan teknik metodologinya, sedangkan pelatihan ICT Education Center ini lebih menitikberatkan pada konten dengan banyak pendekatan termasuk dengan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), sehingga materi pelajaran yang disampaikan ke siswa diharapkan lebih menyenangkan, lebih mudah penerapannya, sekaligus para guru nantinya akan selalu mendapatkan update bahan ajar untuk diimplementasikan di sekolah masing-masing melalui forum di website www.telkomselsahabatguru.com.
Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, di hari pertama peserta diberikan pelatihan meliputi: pre test scanning knowledge, overview modular dan ICT, edukasi situs www.telkomselsahabatguru.com, ICT untuk pelajaran terkait hingga bahan ajar berbentuk digital. Di hari kedua, materi yang diberikan berupa: modul ICT pelajaran terkait, membuat bahan ajar digital, dan diakhiri dengan sharing bahan ajar digital. Di hari ketiga akan dilakukan proses belajar bersama dan latihan soal dengan pelajar tingkat SMP dan SMU.
Inti program ICT Guru Telkomsel 2011 sendiri terbagi atas tiga kelompok besar aktivitas, yaitu: Off Air Event, mencakup pelatihan guru dan siswa, yang akan membahas tuntas mengenai bahan ajar serta update solusi (penyelesaian soal). Kemudian Online Retention Web Platform sebagai sesi diskusi mengenai ICT dengan materi berupa: sentra file bahan ajar, diseminasi online (coverage) dan forum. Selanjutnya pada tahap terakhir, V Books, peserta akan diperkenalkan dengan bahan ajar terkait berupa virtual pada website www.telkomselsahabatguru.com.
Melalui CSR ICT Guru dengan kemasan baru serta jangkauan lokasi dan peserta program yang lebih luas, Telkomsel optimis, kualitas dan kompetensi guru matematika, fisika, dan kimia akan dapat memenuhi standar pendidikan nasional yang mutunya terus ditingkatkan oleh pemerintah. Telkomsel berkomitmen untuk membangun generasi muda Indonesia dan mendorong masyarakat Indonesia untuk terus maju membangun bangsa. Karena Telkomsel hadir untuk Indonesia, Telkomsel Paling Indonesia.
“Sebagai kelanjutan pelatihan ICT Education Center ini, Telkomsel juga telah memberikan sebuah wadah bagi para guru di Indonesia untuk saling bertukar pikiran sekaligus berinteraksi dengan sesama guru di seluruh Indonesia. Aplikasi ini dapat diakses melalui internet dengan alamat www.telkomselsahabatguru.com, di mana dalam aplikasi tersebut akan tersedia bahan ajar, solusi dan simulasi pemecahan soal, latihan soal, video tutorial, e-book, tips dan trik menjawab soal matematika, Fisika dan Kimia dan forum komunikasi guru,” pungkas Thomas
Pelatihan ICT Education Center ini merupakan wujud dari CSR (Corporate Social Responsibilty) Telkomsel dalam bidang pendidikan serta internet sehat dengan menggandeng Musyawarah Guru Mata Pelajaran. “Guru sebagai figur yang akan membawa masa depan bangsa Indonesia, sekaligus sebagai leading role bagi pendidikan di Indonesia, harus mendapatkan sebuah peningkatan kualitas yang berkesinambungan,” tambah Thomas lagi.
Menurut Trainer ICT Program Telkomsel, selama dua hari pelatihan, pihaknya memberikan pendalaman materi termasuk sharing tentang masalah yang sering dihadapi guru, tes masuk perguruan tinggi dan yang paling penting adalah konten.
Jika selama ini diknas lebih ke metodologi, kami mengambil metode yang berbeda. Yakni focus pada konten dengan banyak pendekatan, sehingga materi yang disampaikan nanti ke muird bisa lebih menyenangkan. Selain itu gurupun lebih mudah menerapkannya.
Dalam progam ITC ini, peserta akan mendapatkan metode pembelajaran yang efektif dengan cara penyampaian yang menarik. Selain itun peserta juga diberikan update bahan ajar, latihan soal, contoh soal berikut metode penyelesaian soal tambahan materi menjelang Ujian Nasional, UMPTN atau Olimpiade Fisika.
Konten harus selalu di up-date setiap tahun. Kalau konten sudah dikuasai, mereka akan siap, tak perlu kesulitan menghadapi perubahan kurikulum. Gurunya pintar, muridpun akan pintar, jelasnya.
Kegiatan pelatihan ICT ini dilakukan bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang merupakan wadah para guru tingkat SMP dan SMU di suatu kabupaten dan memiliki kesamaan pengajaran.



Analisis :
Dari pembahasan diatas, menurut saya program ICT (Information and Communications Technology) yang dilaksanakan oleh Telkomsel setiap tahunnya sangatlah bermanfaat bagi dunia pendidikan, terutama bagi para pengajar diseluruh Indonesia.  Sebagai salah satu perusahaan yang menerapkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), sudah menjadi prinsip dasar Telkomsel dalam mengimplementasikan program kegiatan CSR. Yang salah satunya adalah program CSR bidang pendidikan, ICT Guru sebagai salah satu aktivitas utama tanggung jawab sosial Telkomsel.  Melalui CSR ICT Guru dengan kemasan baru serta jangkauan lokasi dan peserta program yang lebih luas, Telkomsel optimis, kualitas dan kompetensi guru matematika, fisika, dan kimia akan dapat memenuhi standar pendidikan nasional yang mutunya terus ditingkatkan oleh pemerintah. Telkomsel berkomitmen untuk membangun generasi muda Indonesia dan mendorong masyarakat Indonesia untuk terus maju membangun bangsa. Karena Telkomsel hadir untuk Indonesia, Telkomsel Paling Indonesia.  Semoga Telkomsel dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain agar turut mengembangkan kualitas SDM di Indonesia melalui sektor pendidikan sesuai dengan core bisnis yang dimilik tiap-tiap perusahaan.

Sumber :
http://www.usaha-kecil.com/pengertian_csr.html
http://beritaid.blogspot.com/2011/05/manfaat-csr-bagi-perusahaan.html
http://gerbangkaltim.com/program-ict-telkomsel-bantu-122-guru-di-kaltim.html

No comments:

Post a Comment

Please Comment here :)